Tawarkan Pengelolaan Kas Perusahaan, Solusi Baru yang Disediakan oleh Kopra Bank Mandiri

Tawarkan Pengelolaan Kas Perusahaan, Solusi Baru yang Disediakan oleh Kopra Bank Mandiri

Kemajuan teknologi digital di masa sekarang rupanya telah mendorong industri perbankan melakukan penyelarasan produk. PT Bank Mandiri merupakan satu dari sekian banyak perbankan yang sudah merilis produk digital bernama Kopra by Mandiri.

Kehadiran produk digital Kopra by Mandiri diharapkan dapat meningkatkan kemudahan transaksi keuangan para nasabah. Yang terbaru ditawarkan oleh Kopra by Mandiri ialah solusi pengelolaan kas perusahaan.

Solusi Pengelolaan Kas Perusahaan dari Kopra by Mandiri

Diberi nama Kopra by Mandiri, produk digital milik PT Bank Mandiri siap menyasar segmentasi wholesale. Dirilis bertepatan dengan peringatan ulang tahun PT Bank Mandiri yang ke 23. Mengusung konsep layanan digital berbasis single access yang berperan sebagai pusat informasi dan transaksi keuangan terhadap ekosistem bisnis di segmen wholesale beserta value chainnya, secara end to end atau hulu ke hilir.

Terbaru ini Kopra by Mandiri telah menawarkan sebuah solusi pengelolaan kas perusahaan. Tujuannya adalah untuk menjaga kestabilan kelangsungan bisnis dengan mendukung alokasi keuangan, yang menjadi sumber likuiditas penting.

Terlebih bagi perusahaan-perusahaan besar yang terbentuk dengan banyak grup bisnis di bawahnya. Besarnya pengelolaan bisnis tersebut, tentu dapat membuat lebih banyak rekening operasional. Jika sudah demikian, maka risikonya perusahaan menjadi cukup sulit untuk memantau arus kas yang masuk maupun keluar. Rekening yang sifatnya desentralisasi atau tidak terpusat biasanya dapat menyebabkan kendala dalam kebutuhan pencatatan penerimaan dan pengeluaran dana, seperti halnya butuh waktu yang lebih lama. Tentu itu tidak praktis, bagi perusahaan besar.

Risiko lain dari rekening yang sifatnya desentralisasi ini dapat menimbulkan kesulitan pelacakan dana menganggur atau yang biasa disebut idle cash. Dana menganggur biasanya sengaja dialokasikan perusahaan untuk kebutuhan operasional seperti untuk melakukan renovasi atau belanja peralatan operasional.

Jika dana menganggur ini mudah dipantau dan diketahui, maka perusahaan bisa memanfaatkan dana menganggur untuk operasional kantor cabang atau kebutuhan lain dalam jangka pendek. Inilah pentingnya perusahaan mengetahui berapa besar alokasi dana menganggur.

Padahal perusahaan dapat dinyatakan likuid apabila memiliki alternatif alat pembayaran berupa asset lancar yang lebih besar, dibandingkan dengan seluruh kewajibannya atau yang disebut liabilitas/utang. Likuiditas ini sangat erat hubungannya dengan kemampuan perusahaan dalam membayar liabilitas/utang, hanya dengan mengandalkan kas atau bahkan aset non-kas. Tanpa harus melakukan penerbitan surat utang di tempat lain.

Posisi likuiditas yang baik sudah tentu menjadi indikator positif, yang menandakan bahwa perusahaan memiliki kondisi keuangan yang sehat. Bukan hanya itu saja, tingkat likuditas yang baik dan sehat dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan investor untuk menanamkan modal investasi di perusahaan. Itulah mengapa sangat penting bagi perusahaan menjaga dan mengelola likuiditasnya sebaik mungkin.

Bahkan likuiditas sangat penting sebagai bentuk penyediaan modal kerja dalam membiayai kebutuhan operasional perusahaan. Oleh karenanya, dalam menjaga likuiditas diperlukan manajemen kas yang efektif dan efisien agar dapat memenuhi ketersediaan modal kerja.

 

Untuk dapat menjawab semua kebutuhan pengelolaan likuditas seperti di atas, terbaru ini Kopra by Mandiri menawarkan solusi pengelolaan kas perusahaan yang tersedia dalam fitur layanan Mandiri Smart Account (MSA). Beberapa fungsi penting fitur MSA :

  • Dapat dimanfaatkan perusahaan untuk membuat ribuan rekening Smart Account, dengan menginduk pada satu rekening giro operasional.
  • Sub rekening giro tersebut berbasis virtual atau yang biasa disebut virtual account. Dengan begitu, maka perusahaan memiliki keleluasaan dalam memberikan nomor rekening unit kepada masing-masing unit kantor cabang, berdasarkan kebutuhan.
  • Fitur MSA dapat memungkinkan pembukaan dan pengelolaan limit transaksi yang dilakukan secara mandiri menggunakan Smart Account Management System (SAMS) Portal. Atau bisa juga dilakukan melalui integrasi Host to Host atau API.
  • Fitur MSA juga memungkinkan perusahaan melakukan pemblokiran maupun membuka pemblokiran sub rekening, apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.
  • Fitur MSA akan membantu perusahaan untuk dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan kas lebih efektif lagi, melalui automasi proses akuntansi dan rekonsiliasi transaksi.
  • Fitur MSA akan memberikan fasilitas-fasilitas mumpuni perusahaan dalam melakukan pengiriman uang ke unbanked people. Atau bahkan untuk menjalankan program lain seperti pemberian reward atau insentif, maupun subsidi.
  • Fitur MSA juga berfungsi sebagai media intermediary account yang mendukung aktivitas jual beli, hingga pada pencatatan deposit keuangan menggunakan skema wallet dalam e-commerce atau fintech yang bekerja sama.

Oleh karena itu, MSA ini menjadi solusi dengan investasi yang minimum bagi perusahaan di bidang e-commerce atau fintech yang membutuhkan layanan intermediary account.

Melihat sejumlah fungsi fitur MSA di atas, nampak jelas bahwa produk Kopra by Mandiri ini sangatlah efisiensi waktu dalam melakukan pengelolaan kas perusahaan. Dan dapat ditarik sebuah kesimpulan, bahwa fitur MSA ini merupakan bentuk lain layanan cash management dari PT Bank Mandiri yang menggunakan virtual account dengan nomor rekening sebagai pengganti rekening fisik di perusahaan.

Memaksimalkan pemanfaatan fungsi maupun mekanisme Smart Account, membuat dana perusahaan jadi tersentralisasi di satu rekening utama. Dengan rekening yang sifatnya sentralisasi tersebut, maka perusahaan dapat dengan mudah mengetahui posisi idle cash dan juga likuiditas yang dimiliki. Termasuk untuk mengelola dan memonitor arus kas masuk maupun keluar. Bahkan membantu perusahaan untuk mengurangi biaya pemeliharaan rekening


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *